Report: Riril Mardiana Firdaus

Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Ekonomi Unikama

FEBUNIKAMAProgram Studi Pendidikan Ekonomi Unikama diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas publikasi yang dihasilkan dan harus benar-benar inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Guna mewujudkan sinergitas Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa, telah dilaksanakan Focus Group Dicussion (FGD) secara daring yang digelar hari Senin, 20 Desember 2021 dengan konsep triple helix of Economic Education, yang dihadiri oleh akademisi, praktisi, dan pemerintah khususnya desa.

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Dr. Riril Mardiana Firdaus, S.Pd., MM. memaparkan bagaimana konsep MBKM, strategi pengembangan kurikulum berdasar luaran dan MBKM, program konteks asesmen pembelajaran. Program kegiatan yang bisa diterapkan dalam MBKM yaitu: pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, membangun desa/kuliah kerja nyata tematik. Melalui berbagai bentuk kegiatan MBKM diharapkan dapat memberikan alternatif model pembelajaran di Prodi Pendidikan Ekonomi Unikama untuk meraih capaian pembelajaran yang sudah ada, serta memberikan nilai tambah pembelajaran terutama kecakapan hidup (life skills ) dan kecakapan mampu pindah (transferrable skills).

Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Ekonomi Unikama

Perwakilan mahasiswa Studi Independen Rika Yulianti Menyatakan “Dengan diadakannya MBKM dalam Program Studi Pendidikan Ekonomi diharapkan dapat membimbing, membina mahasiswa lebih aktif dan kreatif belajar di dalam kampus maupun luar kampus “imbuhnya.

Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unikama Dr. Endah Andayani, S.Pd., MM. Berharap implementasi MBKM yang didukung dari sivitas akademika dan mitra akan membangun sinergitas yang kuat untuk mewujudkan keterampilan lulusan yang adaptable pada kebutuhan saat ini sehingga mahasiswa dapat memiliki keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creative Thinking,) sebagai salah satu indikator keberhasilan MBKM.

Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Ekonomi Unikama

Sementara itu, Ketua MGMP Ekonomi Kota Malang Bapak Supandi, M.Pd  mengatakan ” Mahasiswa yang melaksanakan MBKM mendapatkan  pengalaman lebih, baik pengalaman softskills maupun pengalaman hardskills” imbuhnya. Kelurahan Buring yang diwakilkan Bapak Muh. Sukrian, SE., MM. Selaku Kasi Pemberdayaan menuturkan “Kita sudah mempunyai semua elemen dalam Triple Helix Of Economic Education, tetapi yang belum bisa berjalan dengan baik dan mulus, diperlukan hubungan atau komunikasi atau kolaborasi di antara ketiganya”. Tambahnya.

Triple Helix Wujudkan Sinergitas Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa
WhatsApp chat