UNIKAMA – Foto bersama ibu-ibuk PKK usai melaksanakan pelatihan pembuatan dodoldan donat

Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Pendidikan Ekonomi Unikama Desa Buring Kec. Kedungkandang adakan pelatihan olahan potensi desa Buring guna meningkatkan ekonomi Desa Buring yang dilaksanakan Minggu 21 November 2021 jam 07.00 – 12.00 wib di aula desa setempat.

Perwakilan mahasiswa Tim KKN-T Jhohan Untung menyatakan “Desa Buring memiliki tingkat kesuburan yang sangat luar biasa hampir semua jenis tanaman cocok di tanam di desa ini. Salah satu contohnya adalah tanaman nangka dan  labu kuning yang sangat melimpah ruah dalam setiap tahunnya. Namun peluang ini tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Hasil panen sebgaian hanya di nikmati sendiri dan sisanya langsung di jual ketengkulak tanpa melalui proses pengolahan lebih lanjut sehingga kami tim KKN-T Pendidikan Ekonomi tergerak untuk mengembangkan Desa ini” imbuhnyaBerdasakan fakta ini kami tim KKN-T Pendidikan Ekonomi unikama melihat sebuah peluang besar yaitu melakukan pelatihan inovasi olahan produk baru dengan bahan dasar buah nangka dan buah labu kuning. Produk yang berhasil kami ciptakan adalah dodol nangka dan donat labu kuning.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Walipah, M.Pd berharap inovasi produk makanan tak berhenti pada pelatihan ini saja. Namun, ke depan bisa dikembangkan dengan baik. Pada Akhirnya dapat menambahkan pendapatan masyarakat maupun menggerakkan perekonomian warga.

Sementara itu, Kaprodi Pendidikan Ekonomi Unikama Dr. Riril Mardiana Firdaus, S.Pd., MM mengatakan “Langkah yang dilakukan tim KKN-T ini  menjadi awal untuk pengembangan Desa Buring, kami juga mengapresiasi pemerintah desa yang menerima gagasan dari mahasiswa KKN-T Unikama ini” imbuhnya.

Kepala Desa Buring Moch Choiril Anwar,S.H.,M.Hum menuturkan “Saya sangat bangga dengan kedatangan mahasiswa KKN-T Unikama karena telah melaksanakan pelatihan inovasi olahan makanan” imbuhnya. Kegiatan ini di lakukan di balai Desa Buring. Semua kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta pelatihan sangat atusias saat melakukan pengolahan sekaligus pengemasan produk

Tingkatkan Perekonomian, KKN-T Pendidikan Ekonomi Unikama Ajarkan Warga Desa Buring Inovasi Makanan